Manfaatkan Dana Desa Untuk Rehab RTLH Kaum Duafa

Qhi-4 13 Agustus 2019 07:46:30 Berita Desa

 

Pemerintah Desa Selorejo,Kabupaten Blitar terus berupaya melakukan sejumlah perbaikan mekanisme dalam memanfaatkan Dana Desa. Hal tersebut di lakukan Pemdes semata-mata Bertujuan untuk kesejahteraan Masyarakat Desa Selorejo menuju masyarakat yang Berkeadilan Sosial.

Kepala Desa Selorejo, Edi Subiantoro,  mengatakan jika di Desa Selorejo masih ada sejumlah warganya yang menempati rumah yang tidak layak huni. Untuk itu, dalam memaksimalkanPenggunaan Dana Desa (DD) agar lebih tepat sasaran, pihaknya kini tengah melaksanakan Program Percepatan Pengentasan Kemiskinan,s alah satunya adalah Program Bedah Rumah.

“Selain untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat, kami juga prioritaskan dana desa (DD) untuk program bedah rumah bagi kaum dhuafa, mengingat aspek ketimpangan dan kemiskinan hingga kini masih menjadi momok di kehidupan masyarakat kita,” kata Edi, Senin (12/08) di ruang kerjanya.

Dengan Motto,Visi dan Misi “APBDes Pro Rakyat, Ayo Kita Bangkit Untuk Desa Selorejo yang Lebih Baik”.

Sebagai Kepala Desa, beliau siap mengemban amanat yang diberikan masyarakat Desa Selorejo terhadap dirinya.  Sementara terkait program bedah rumah tidak layak huni (RTLH), Edi mengatakan sasarannya adalah rumah kaum dhuafa, yaitu rumah masyarakat yang hidup dalam garis kemiskinan, kesengsaraan, ketidakberdayaan dan ketertindasan.

“Sejak tahun 2018 kami Pemdes Selorejo berinisiatif mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk membangun rumah kaum dhuafa melalui program fasilitasi peningkatan kualitas RTLH, sedangkan pelaksanaannya akan kami lakukan secara bertahap,” terang Edi.

Ia mencontohkan , di tahun 2018 Pihak Pemerintah Desa telah merealisasikan pembangunan 1 unit RTLH, sementara di tahun 2019 ini 2 unit RTLH sedang dalam tahap pembangunan.

“Di tahun 2018 kemarin kami telah membangun atau merenovasi 1 unit RTLH dengan pagu anggaran Rp 15 juta, lokasinya berada di Dusun Selorejo RT 03,RW 03. Kemudian di Tahun 2019 ini sedang dalam proses Pembangunan, ada 2 unit RTLH, pagu anggarannya adalah Rp 32 juta, ini berada di Dusun Darungan RT 01, RW 02 yaitu Rumah Pak Jarwo,” terang Edi.

” Terus  satunya lagi berada di RT 03, RW 03 yaitu Rumah Pak sutikno,” imbuhnya.

Edi juga berharap, jika dirinya masih diberi Kesempatan oleh Allah SWT, di tahun depan pihaknya akan meningkatkan jumlah anggaran yang akan dialokasikan untuk bedah rumah tidak layak huni (RTLH).

“Dana Desa adalah milik seluruh masyarakat Desa, tidak terkecuali kaum dhuafa, mereka juga memiliki hak yang sama untuk menapaki kebahagiaan,” pungkasnya.

( red )

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image Ganti gambar
  Isikan kode sesuai gambar
 

Video Desa

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jln. RAYA SELOREJO NO. 02
Desa Selorejo
Kecamatan Selorejo
Kabupaten Blitar
Kodepos 66192
Telepon 0342- 332 840
Email pemdes.selorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung