Sejarah Desa

Qhi-4 17 Mei 2019 15:38:09

Sejarah Desa


             Sejarah Desa Selorejo tidak terlepas dari sejarah Kerajaan Mataram di wilayah tanah Jawa. Banyak yang menuturkan bahwa Desa Selorejo dahulu bernama Dusun Jati Mendak, yang dipimpin oleh seorang yang arif bijaksana yang bernama Mbah EKO SUWARNO, yang lebih di kenal dengan sebutan EYANG PUTIH.

             Mbah EKO SUWARNO merupakan cikal bakal berdirinya Dusun Jati Mendak. Dusun ini dulunya merupakan hutan belantara. Semakin lama banyak kerabat dan keluarga yang ikut bergabung, dan saling bahu membahu untuk membangun Dusun Jati Mendak. Karena banyaknya penduduk yang berada di sebelah utara, banyak sesepuh yang memberikan pandangan dan gambaran bahwa suatu saat nanti daerah utara ini yang akan ramai ( SEH ELOR SING REJO ).

            Akhirnya Dusun Jati Mendak di ganti nama menjadi Dusun Selorejo. Kepala Dusun pertama adalah Bapak EKO LESONO yang merupakan Putra dari Mbah EKO SUWARNO (EYANG PUTIH). Bapak EKO LESONO menjabat sebagai kepala Dusun Selorejo seumur hidup.

        Dusun Selorejo mengalami perubahan dengan datangnya penjajah Belanda, sehingga semua pemerintahan di atur oleh Pemerintahan Belanda. Segala aturan dan sistem pemerintahan harus tunduk kepada Pemerintahan Belanda dan Dusun Selorejo berubah menjadi Desa Selorejo pada tahun 1832.

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image Ganti gambar
  Isikan kode sesuai gambar
 

Video Desa

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jln. RAYA SELOREJO NO. 02
Desa Selorejo
Kecamatan Selorejo
Kabupaten Blitar
Kodepos 66192
Telepon 0342- 332 840
Email pemdes.selorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung